Mengenal CDN / Content Delivery Network

Apa sih CDN atau Content Delivery Network itu? Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah jaringan server komputing yang tersebar di beberapa negara di seluruh belahan dunia.

Tujuan dan manfaat dari dibuatnya Content Delivery Network ini adalah untuk mengatasi lambatnya waktu muat atau loading pada sebuah halaman website yang diakses ribuan kilometer dari lokasi servernya. Waktu muat atau loading ini muncul bukan hanya karena masalah jarak saja tapi juga masalah routing dari halaman web tersebut.

Jadi dengan menggunakan CDN maka file anda akan disimpan di beberapa server di negara yang berbeda. Jadi orang-orang yang akan mengakses halaman web anda akan mengaksesnya dari server yang terdekat, sehingga waktu muatnya jadi lebih cepat.

Apakah Web/blog kita Membutuhkan CDN?

Content Delivery Network (CDN) adalah salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam membuat website. Hanya saja ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum anda mempertimbangkan apakah anda memerlukan Content Delivery Network ini.

Beberapa hal yang harus menjadi urutan prioritas anda saat anda membuat website adalah:

  • Membuat website yang disukai pengunjung
  • Memastikan website kita mobile friendly
  • Meningkatkan kecepatan website ke batasan yang direkomendasikan
  • Memutuskan apakah website memerlukan CDN

Jadi menggunakan CDN adalah sebuah keputusan yang tidak wajib dilakukan alias sebuah pilihan. Keputusan ini sangat bergantung dari kondisi market yang anda layani.

Untuk customer yang sudah memahami cara kerja CDN tentunya sudah paham kegunaan CDN atau yang di sebut Content delivery Network, namun bagi user awam CDN adalah tetap menjadi hal baru karena jarang sekali di bahas sebagai alternatif mempercepat website wordpress.

Sebagai contoh, Content Delivery Network (CDN) salah satu kegunaannya adalah untuk mempercepat loading website. Fungsinya, memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lain-lain) dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses website Anda. Hal tersebut dapat meningkatkan kecepatan respon suatu website ketika diakses.

Umumnya yang menggunakan CDN adalah web skala besar, namun CDN tetap bisa digunakan oleh semua website untuk meningkatkan kecepatan loading website dan juga agar web cepat di akses oleh semua negara tidak hanya 1 negara origin saja.

  • CDN meningkatkan kecepatan loading situs web, terutama jika lokasi visitor dekat dengan server CDN.
  • CDN dapat meningkatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
  • CDN mendukung semua tipe website dan hosting.
  • CDN adalah solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor.
  • CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global.
  • CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource (misalnya disk space dan bandwidth).

Selain itu CDN ini akan mengurangi juga penggunaan Bandwidth hosting anda karena traffic yang datang tidak langsung di handle oleh server asal dari website yang anda gunakan , melainkan di handle oleh server POP CDN yang tersebar di seluruh negara.

Tinggalkan komentar