Berkas Lamaran Kerja PT. PLN (Persero).

  • Share
Berkas Lamaran Kerja PT. PLN (Persero).
Berkas Lamaran Kerja

idWrite.com. Setiap instansi sebenarnya punya Standarnya tersendiri dalam memberikan persyaratan dokumen lamaran kerja. Kalau dilihat lebih detail, beberapa dokumen antara beberapa lembaga mempunyai kesamaan. ini adalah beberapa syarat dokumen lamaran kerja untuk dipenuhi saat melamar kerja di PT. PLN (Persero)..

dokumen lamaran kerja merupakan hal terpenting yang harus dipersiapkan bagi anda yang mau melamar pekerjaan karena isinya terdapat segala macam berkas untuk menjadi persyaratan oleh karena itu jangan sampai ada yang keliru.

Apakah anda sudah tahu dokumen lamaran kerja apa saja yang kudu kamu siapkan?

Tak sedikit dokumen yang wajib kamu penuhi saat melamar pekerjaan. Melengkapi berkas lamaran kerja merupakan salah satu awal yang utama untuk kamu yang ingin memperoleh pekerjaan impian.
dokume lamaran kerja yang lengkap akan memudahkan tim HR atau HRD dalam melaksanakan seleksi calon pekerja baru. Apabila cocok dengan kriteria, kamu akan cepat dipanggil untuk memulai tahap berikutnya seperti wawancara kerja.

Nah, berkas lamaran kerja tersebut mdapat kamu persiapkan jauh-jauh hari untuk kebutuhan melamar pekerjaan. Nah, agar sukses diterima Di PT. PLN (Persero). maka ada baiknya mengecek kembali syarat-syarat yang perlu dipersiapkan di berkas lamaran kerja.

Ini perlu bagi kamu seorang fresh graduate atau lulusan baru, looh.

Berkas Lamaran Kerja yang Harus Disiapkan

1. Surat Lamaran Kerja

Persyaratan lamaran kerja yang tentu saja selalu ada di setiap lowongan adalah Surat Lamaran Kerja. Surat lamaran ini ibarat sebagai kualifikasi yang anda miliki, sehingga mesti memenuhi dan sesuai sesuai posisi yang dilamar. Oleh sebab itu usahakan agar surat ini dibuat sebagus dan semenarik mungkin.

Surat lamaran kerja ini salah satu berkas yang tidak boleh kamu lewatkan, looh.
Dalam surat lamaran ini biasanya memaparkan perihal maksud dan tujuan anda dan juga informasi ringan perihal identitas diri anda.

Penggunaan bahasa di dalam surat lamaran memakai bahasa formal yang tidak bertele-tele. Artinya wajib singkat, padat, dan jelas, agar ringan untuk dipahami. Ada banyak bentuk surat lamaran yang dapat dipelajari dan dijadikan sebagai bahan rujukan untuk membuat surat lamaran kerja sendiri di buku dan internet atau di google tentunya.

2. Curriculum Vitae (CV)

Berkas yang juga tak boleh kalian lewatkan adalah curriculum Vitae (CV) yakni daftar riwayat hidup yang berisi tentang si calon pelamar. CV ini berisi nama lengkap, alamat email, telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi serta skill yang dimiliki.
Berbeda dengan surat lamaran kerja yang dibuat seformal mungkin, Daftar Riwayat Hidup wajib menarik dan bersifat eye catching. Maka dari itu akan lebih baik kalau berkas ini dipermak sedemikian rupa sehingga lebih berwarna dan sedap dibaca. Saat ini sudah banyak jasa membuat CV yang dapat membantu dalam desain CV Anda.

3. Fotokopi Ijazah

Salah satu syarat lamaran kerja yang ditetapkan oleh PT/ PLN (Persero). adalah pendidikan terakhir. Ada yang lulusan SMP/SMA sampai Diploma dan Sarjana sesuai posisi yang anda inginkan. Oleh sebab itu dibutuhkan berkas berupa fotokopi ijazah yang telah dilegalisir sebagai pendukung.
Hanya saja dalam prakteknya ada beberapa perusahaan yang mewajibkan setiap karyawan untuk melampirkan ijazah aslinya dan baru akan dikembalikan ketika sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati untuk melamar pada perusahaan dengan syarat seperti itu.

Ini sebagai bukti bahwa anda benar-benar sudah kuliah di Universitas yang kamu tulis di CV serta prestasi akademik yang tersedia sesuai dengan apa yang diakui pihak kampus. Pastikan keduanya telah dilegalisir oleh pihak kampus sebagai bukti yang sah dan diakui.

4. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).
Berkas yang satu ini perlu kalian siapkan terutama jikalau kamu udah mencapai beberapa step dalam proses melamar pekerjaan. Namun, untuk KK biasanya bersifat opsional jadi tak menjadi sebuah keharusan.

BACA JUGA! : Info Pencari Kerja

5. Pas Foto Terbaru

Persyaratan yang umum dan pasti selalu tersedia dalam berkas lowongan pekerjaan adalah pas foto. Hanya saja ketentuan yang ditetapkan terkait pas foto juga berbeda-beda di instansi yang membuka lowongan kerja. Hal ini terkait dengan ukuran dan latar/background dari pas foto. Ada yang mensyaratkan bahwa pas foto yang diajukan berukuran 2×3, 3×4, dan 4×6. Sementara untuk latar/background umumnya adalah merah dan biru, namun tidak ada salahnya menyediakan yang berwarna hitam putih. Meski tidak selamanya ada, Anda baiknya selalu menyiapkan pas foto dengan ukuran dan latarbackground yang telah disebutkan.

Siapkan stok sebanyak mungkin sesuai rencana kalian melamar pekerjaan secara offline. Jika anda melamar secara online, hanya menyertakan file digitalnya dengan resolusi yang baik.

6. Surat Kuning Dinaker

Syarat berupa Kartu Kuning atau AK-1 dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga tidak amat banyak dijumpai didalam lowongan pekerjaan. instansi yang mensyarakatkan berkas ini biasanya adalah lembaga pemerintah. Kartu Kuning mempunyai masa berlaku yakni sampai 2 tahun, setelah itu bisa dibikin lagi di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Fungsi dari Kartu Kuning yaitu untuk mengetahui sejauh mana data jumlah dari para tenaga kerja yang ada di Indonesia. Setiap 6 bulan sekali, tenaga kerja yang belum mempunyai pekerjaan harus melapor untuk memperoleh informasi lembaga mana saja yang membuka lowongan pekerjaan.

7. Sertifikat atau Piagam Penghargaan

Punya sertifikat atau piagam penghargaan? Jangan lupa melampirkan sebagai ke berkas lamaran kerja, yaa. Salah satunya adalah bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) dan pendidikan informal lainnya. Selain itu, anda juga dapat melampirkan piagam penghargaan atas prestasi yang dulu diraih selama hal tersebut relevan dengan dunia pekerjaan.

8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik yang merupakan salah satu syarat lamaran kerja yang umum dan standar. Meski begitu tidak semua lowongan kerja mensyaratkan berkas ini, cuma sebagian saja khususnyah instansi pemerintahan.

Sesuai dengan namanya SKCK bisa dibuat di Kantor Polisi di daerah berdasarkan dengan alamat KTP. Berkas yang diserahkan pun adalah fotokopi SKCK yang udah dilegalisir. Anda juga wajib memperhatikan SKCK yang sudah dibuat, karena mempunyai masa berlaku yakni selama 6 bulan.

9. Foto kopi Surat Pengalaman Kerja (Jika ADA)

Bagi kamu yang punya pengalaman kerja ada baiknya menyiapkan surat keterangan pengalaman kerja atau surat referensi kerja. Ini merupakan berkas lamaran kerja yang bisa menunjang saat anda melamar pekerjaan.

10. Foto kopi Surat Keterangan Sehat

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, ada baiknya apabila anda membuat surat keterangan sehat. Surat semacam ini biasanya dibutuhkan pada sebagian tahap proses rekrutmen calon pekerja.

Meskipun begitu surat keterangan sehat ini tidak selalu ada di dalam syarat awal melamar pekerjaan. Sebagaian besar baru dilampirkan kecuali Anda sukses melalui tahap seleksi awal dan termasuk kualifikasi untuk lanjut ke tahap berikutnya.

11. Form dari Perusahaan

Nah, dokumen yang satu ini juga umumnya wajib untuk kalian siapkan.
Biasanya, form isian seperti ini telah dipersiapkan oleh perusahaan yang kalian lamar. Namun, tidak semua perusahaan miliki prosedur semacam ini. Untuk itu, ada baiknya mengecek ulang apakah perusahaan tersebut mempunyai format sendiri atau tidak. Informasi yang kebanyakan harus diisi adalah nama lengkap, nilai IPK, riwayat pekerjaan dan ekspektasi gaji.

itulah beberapa Persyaratan Lamaran kerja di PT. PLN (Persero). yang meliputi berbagai macam berkas yang perlu dilengkapi dalam melamar pekerjaan. semoga informasinya bermanfaat Terimakasih.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *